Minggu, 26 Januari 2014

Udang Goreng Ajaib...



Hai teman-teman pagi ini saya mau berkisah lagi. Seperti biasanya kegiatan saya setiap pagi adalah bersih-bersih rumah. Yah mau ngapain lagi kalo gak ngurusin rumah. Maklumlah nasib pengangguran bahagia ya kerjanya kayak gini tiap pagi. Susah emang sih kadang-kadang suka nyesek juga kalo ada yang nanya-nanya “uda lulus ya kuliahnya??’ atau “sekarang kerja dimana??” . Susah emang yaa jadi sarjana pengangguran yang kerjanya cuma nyapu rumah tiap hari apalagi belum bersuami (makanya ini lagi ikhtiar nyari calon suami…lho???). Baiklah saya tidak akan membahas tentang nasib pengangguran saya tapi saya akan mendongeng tentang hobi saya yang suka bereksperimen didapur alias masak-masak.


Yap..teman-teman saya hobi masak. Meskipun saya bukan professional chef tapi setidaknya saya bisa menanak nasi dan goreng telur hehehe. Saya suka mencoba menu-menu yang saya dapat dari hasil googling, sampe saya punya 1 folder resep di laptop saya. Ngomongin soal masak yang selalu jadi bagian icip-icip masakan saya adalah adek saya tercinta. Ya…setiap sabtu dia selalu bawa bekal ke sekolah karena ada acara makan bersama disekolahnya. Dan pasti dia mau saya yang masak, karena kalo si emak yang masak kotak bekalnya sudah bisa ditebak isinya adalah mie goreng dan telur ceplok. Betapa malangnya dia dulu pas saya belum dirumah bekalnya tiap sabtu Cuma mie goreng dan telur ceplok. Jadi setiap sabtu saya selalu memutar otak tuh kotak bekal mau diisi pake apa.


Hari sabtu kemarin mulailah sehabis subuh saya “bermain” di dapur. Pas buka kulkas yang saya lihat ada udang, jagung,tepung panir,tepung serbaguna (ex : sajiku dkk),telur dan bumbu dapur. Mulailah otak saya bertanya “mau di masak apa udangnya??” dan saya putuskan buat masak udang goreng. Setelah saya baca mantra “bim sala bim jadi apa?prook..prook…” jadilah udang goreng dan tumis jagung mengisi kotak bekal adek saya. Dan berangkatlah dia ke sekolah dengan menu beracun itu hahaha


Sepulang sekolah saya Tanya “habis nggak bekalnya??” adek “habis mbak..tadi tak kasihkan temanku satu udangnya kasian bekalnya Cuma mie goreng nggak ada lauknya” sambil mengeluarkan kotak bekal dari tasnya. Kalo dari hasil kotak bekal yang kosong itu sepertinya masakan saya tidak beracun, iseng-iseng saya Tanya “enak nggak udang gorengnya??” adek “eenaak….masak lagi lah mbak”. Wah…syukurlah kalo dia suka hasil eksperiman saya. 


Cerita soal udang goreng itu. Saya rasa udang goreng itu ajaib teman-teman. Kenapa?? Ini dia ceritanya. Adek saya itu adalah tipe anak yang kadang susah banget disuruh-suruh saya sering banget cekcok sama dia kalo mau nyuruh dia melakukan sesuatu. Padahal sih sebernya hal yang saya suruh itu sepele seperti nyuruh dia naruh seragamnya kalo habis ganti ditempat gantungan baju, karena kebiasaan dia kalo habis ganti baju suka naruh baju seragamnya sembarangan kadang ditaruh di ruang tamu, di atas kasur, di atas sepeda motor asal jangan di taruh di tempat sampah aja deh ya. Siang kemarin saya suruh dia buat beli saos tomat di toko depan dan sudah dapat dipastikan jawabanya “nggak ah..beli sendiri aja” dengan segala bujuk rayu saya coba menggodanya supaya dia mau. Awalnya tidak berhasil sampai saya bilang “ayolah belikan nanti mbak masakin udang goreng” adek “beneran ya?? Mana uangnya??” akhirnya dia berangkat ke toko beli saos tomat. Dan sorenya saya buatkan dia udang goreng kesukaanya kurang dari 10 menit udang goreng ukuran sedang yang jumlahnya 10 ekor itu habis masuk ke perutnya. Ajaib emang tuh udang goreng bisa membuat adek saya mematuhi perintah saya hahaha


Ada cerita lagi pagi ini soal udang goreng. Setelah bersih-bersih rumah bagian depan saya pun beralih tempat buat bersih-bersih rumah bagian tengah. Dan saya baru ingat hari ini hari minggu dan saya lihat adek saya masih melingkar alias tidur diruang tengah dengan kasur lipat dilantai. Saya coba membangun kan “bayu..bangun uda jam 7 temen-temen mu lho wes pergi maen kamu sek tidur”  dan kalian tau gimana jawabanya?? Ini jawabnya “Hoooaaammzzzz……” matanya melek sedikit dan dia tidur lagi. Haduh bisa adu mulut lagi saya sama dia kalau saya teruskan akhirnya saya lanjutkan saja bersih-bersih ruang tengah dengan dia tetap tidur dilantai. Sampai-sampai saya lipat kasurnya dengan dia ada di dalamnya seperti kue lemper dia masih aja tetep merem. 

Acara bersih-bersih selesai dia baru bangun tapi ya tetep aja di atas kasur sambil nonton film kartun. Emang harus super sabar manghadapi bocah satu ini.  Saya “Bayu…mandi sana lho” dia masih diam mematung sambil nonton film kartun padahal saya bukan hanya sekali menyuruh dia mandi. Dia hanya menganggap omongan saya itu sebagai angin lalu. Susah banget menyuruh anak ini untuk bangun pagi dan mandi. Dari pada saya ribut pagi-pagi saya pun pergi ke dapur untuk masak. Dan saya masak udang goreng kesukaanya. Mungkin karena dia mencium bau-bau wangi dari dapur tanpa saya komando dia meluncur ke kamar mandi. Saya mendengar suara kran berbunyi dari kamar mandi, akhirnya nih anak mau mandi juga. Dengan tubuh masih berbalut handuk keluar dari kamar mandi dia langsung menuju dapur “mbak…minta satu ya…” sambil nyengir dia lari ke kamar buat ganti baju dengan udang goreng di tangannya. Setelah ganti baju bocah berumur 9 tahun itu siap dengan sepiring nasi duduk di meja makan menanti sarapan dengan menu favoritnya. Dan akhirnya pagi ini kami sarapan bersama dengan menu udang goreng. Udang goreng ajaib yang berhasil membuat adek saya mandi tanpa harus disuruh hehehe ^^
pecinta udang goreng....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar